Rabu, 25 November 2015

Laporan praktikum pengenalan oven


Hari/tanggal       : Sabtu/21 November 2015

Judul                     : Pengenalan Oven

Tujuan                  : - Untuk mengetahui apa itu oven

      - Untuk mengetahui jenis-jenis oven

      - Untuk mengetahui prinsip kerja oven

      - Untuk mengetahui cara kerja oven

Prinsip kerja       :

1.       Oven merupakan alat sterilisasi dengan menggunakan uap panas kering

2.      Protein mikroba akan mengalami dehidrasi hingga terjadi kekeringan, selanjutnya teroksidasi oleh oksigen diudara sehingga menyebabkan matinya mikroba

Pembahasan      :

A.      Pengertian Oven

Oven adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk memanaskan ataupun mengeringkan. Biasanya digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas laboratorium, zat-zat kimia maupun pelarut organik. Dapat pula digunakan untuk mengukur kadar air. Tidak semua alat gelas dapat dikeringkan didalam oven, hanya alat gelas dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dikeringkan, yaitu alat gelas dengan ketelitian rendah. Oven juga merupakan alat sterilisasi menggunakan udara kering bertemperatur tinggi. Oven termasuk alat sterilisasi secara fisik karena menggunakan suhu dan tekanan.
 

B.      Fungsi Oven

Untuk memanaskan atau mengeringkan peralatan gelas laboratorium, zat-zat kimia maupun pelarut organik.


Gambar oven
                             

Bagian-bagian oven

1.       Tombol POWER adalah tombol yang digunakan untuk menghidupkan ataupun mematikan oven. Selain itu terdapat tombol untuk menyalakan atau mematiakn kipas.

2.       Knop berwarna biru berfungsi untuk menaik turunkan kecepatan putaran kipas.

3.       Pada bagian depan oven terdapat 2 layar yang menunjukkan suhu. Layar PV menunjukkan suhu alat sedangkan layar SV menunjukkan suhu yang diinginkan.

4.       Tombol SET, UP (panah keatas) dan DOWN (panah kebawah) digunakan untuk mensetting suhu yang diinginkan. Dapat pula untuk mensetting waktu.
 

C.      Jenis-jenis Oven

1.       Oven tunnel

Jenis oven ini biasanya dipakai untuk industri besar. Panjang oven tunnel bisa mencapai 12 meter dimana adonan dimasukkan.

2.       Oven merk nabertherm ktr4500


3.       Oven merk memmert

Oven Memmert merupakan produsen alat laboratorium yang memiliki spesialisasi untuk produk-produk oven dan incubator.


D.      Cara Kerja oven

1.    Bungkus alat-alat gelas dengan menggunakan kertas aluminium foil

2.    Atur pengatur suhu oven menjadi 180®c dan alat disterilkan 2-3 jam
 

E.       Cara perawatan oven

 
Sebelum oven digunakan bersihkan semua aksesori dan rak tatakan. Selalu pastikan steker oven sudah dicabut dan oven sudah dingin sebelum dibersihkan. Buka pintu oven dan bagian dalam dibersihkan dengan lap lembut dalam air panas atau detergen. Zat abarsif jangan digunakan untuk membersihkan oven. Jangan mengelap elemen pemanas. Bagian luar dapat dibersihkan dengan lap basah.
 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak diperbolehkan menggunakan alat gelas untuk dimasukkan kedalam oven. Jagalah agar selalu ada jarak minimal 1” antara bagian atas dan bagian elemen pemanas. Jangan sekali-sekali menggunakan oven dalam keadaan pintu terbuka. Hindari seringnya membuka pintu oven saat sedang digunakan, hal ini menimbulkan panas dalam oven berkurang. Selalu gunakan gegep untuk mengambil peralatan dari dalam oven. Hentikan pemakaian oven bila terlihat asap pada kabel listrik. Segera cabut steker dari stopkontak.
 

F.       Cara kalibrasi oven

1.       Secara berkala lakukan pemeriksaan suhu dengan menggunakan termometer.

2.       Cocokkan hasil yang di dapat antara suhu yang tercantum dalam oven dengan suhu yang di tunjukkan oleh termometer standar.
 

Kesimpulan        :

Jadi, oven hanya digunakan untuk memanaskan atau mengeringkan peralatan laboratorium bukan untuk sterilisasi. Akan tetapi tidak semua alat gelas bisa dipanaskan didalam oven hanya alat-alat gelas tertentu yang bisa dipanaskan didalam oven. Apabila alat gelas yang tipis dipanaskan didalam oven maka gelas tersebut akan retak.


 Daftar Pustaka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar